Ini Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking

Di era modern yang serba digital sekarang ini, hampir semua setiap aspek kehidupan manusia telah dimudahkan oleh teknologi. Sebut saja kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan perbankan, para nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang atau pun ke ATM untuk membayar atau mentransfer uang.  

Sekarang sudah ada layanan mobile banking dan internet banking dari bank yang dapat digunakan sebagai alat transaksi keuangan dan pembayaran lainnya hanya melalui ponsel pintar (smartphone). Sekilas kedua layanan ini terlihat mirip karena mempunyai fungsi yang sama.  

Tapi Tahukah Anda bahwa ada perbedaan antara internet banking dan mobile banking? Hampir setiap bank sudah menyediakan kedua fasilitas layanan ini, sehingga masyarakat cukup familiar menggunakannya. Meskipun tidak dibutuhkan setiap hari, tetap saja fasilitas dari bank tersebut dapat memudahkan Anda bertransaksi. Nah, bagi Anda yang belum tahu perbedaan antara keduanya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Internet Banking?

Internet banking merupakan kegiatan melakukan pembayaran dan transaksi keuangan lainnya melalui website milik bank yang telah dilengkapi sistem keamanan tinggi. Para nasabah membutuhkan koneksi internet saat akan mengakses layanan ini.  Penggunaan Internet Banking sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia mengenai penerapan penggunaan teknologi informasi oleh bank umum

Internet banking bisa diakses melalui browser nasabah, jadi tidak menggunakan aplikasi tambahan. Nasabah dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam layanan ini secara penuh, asalkan sudah memiliki akses berupa user id, password, OTP (on time password) atau token. Cara mendapatkan akses tersebut adalah dengan mendatangi bank dan melakukan pendaftaran.  Baru kemudian dapat menggunakan internet banking secara leluasa.

Beberapa fitur yang ada dalam layanan internet banking:

  •       Notifikasi email untuk setiap transaksi
  •       Pembayaran tagihan dan pembelian
  •       Transfer dana
  •       Informasi mutasi rekening
  •       Rekening deposito
  •       Rekening tabungan atau giro.

Dengan fitur-fitur tersebut, tentu para nasabah tidak perlu repot-repot datang ke bank hanya untuk melakukan transaksi keuangan, sekalipun itu hanya untuk mengecek saldo rekening.  

Apa Itu Mobile Banking?

Mobile banking adalah layanan perbankan yang memudahkan segala transaksi keuangan, dan layanan ini ditawarkan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Sesuai namanya, mobile banking dapat diakses melalui ponsel pintar Anda dengan mudah. Melalui layanan ini, para nasabah dapat melakukan pengecekan saldo, pembelian, pembayaran agihan, transfer, mutasi rekening dan sebagainya tanpa perlu datang ke bank. Bahkan beberapa bank telah menyediakan layanan tarik tunai menggunakan mobile banking.

Tidak seperti internet banking, nasabah tidak harus mendaftarkan diri ke bank terlebih dahulu untuk mendapatkan akses mobile banking. Cukup dengan mendownload aplikasinya di smartphone, kemudian mengisi format sesuai ketentuan yang diminta oleh pihak bank saja.

Berikut ini manfaat menggunakan mobile banking:

  •       Bebas biaya administrasi bank.
  •       Memudahkan nasabah memantau saldo rekening dan transaksi 24 jam.
  •       Transaksi keuangan lebih mudah dan praktis karena menggunakan aplikasi smartphone.
  •       Hemat tenaga dan waktu karena tidak perlu mendatangi bank hanya untuk melakukan transaksi. Semua layanan yang dibutuhkan nasabah sudah tersedia di mobile banking.
  •       Menggunakan sistem keamanan sesuai standar, seperti kode verifikasi dan PIN.

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Perbedaan kedua layanan perbankan ini terletak pada cara mendaftar, akses, serta cara penggunaanya. Baik itu internet banking maupun mobile banking memiliki kelebihannya masing-masing sehingga nasabah dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Terlepas dari itu, kedua layanan ini memiliki fitur yang hampir sama dan hanya bisa diakses menggunakan internet.  Supaya lebih jelas, berikut kami rangkum perbedaan antara internet banking dan mobile banking.

1. Berbeda Cara Mendaftar

Cara mendaftar layanan mobile banking lebih mudah dari internet banking. Para nasabah hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi mobile banking pada smartphone, jadi bisa dilakukan tanpa perlu ke bank. Semua layanan perbankan yang tersedia dalam aplikasi juga bisa digunakan secara leluasa. Dan bagi nasabah yang baru pertama kali membuka rekening, Anda langsung dapat meminta pihak bank melakukan aktivasi layanan mobile banking tersebut.

Sedangkan untuk internet banking, pertama-tama nasabah harus melakukan pendaftaran melalui bank yang bersangkutan secara langsung. Setelah mendaftar, nasabah juga harus melakukan aktivasi internet banking melalui situs bank.

2. Berbeda Cara Mengakses

Untuk mengakses mobile banking, nasabah harus menggunakan aplikasi yang disediakan bank. Sementara untuk akses ke internet banking bisa dilakukan melalui browser tanpa mendownload aplikasi tambahan.

3. Berbeda Cara Menggunakan

Jika dilihat dari segi kepraktisan, tentu mobile banking lebih unggul karena hadir dalam bentuk aplikasi yang mudah digunakan. Aksesnya juga cepat karena nasabah cukup memasukan user id dan password tanpa token ataupun OTP seperti internet banking.

Nah, itulah perbedaan internet banking dan mobile banking yang harus diketahui. Kini, Anda tidak lagi bingung memilih layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan.