Tips Membaca Prospek Kedai Kopi Dengan Pemasaran Efektif Pada Masa Pandemi

kedai kopi

Dalam masa pandemi corona seperti saat ini memang sangat mempengaruhi banyak sekali sektor, di mana sektor ekonomi menjadi salah satu aspek yang paling terpukul dan mendapatkan banyak sekali rintangan. Untuk bertahan hidup pada situasi sekarang ini, mencoba membuka usaha adalah salah satu keputusan berani yang harus diambil. 

Saat ini sendiri kedai kopi menjadi salah usaha yang ternyata memiliki prospek cukup tinggi untuk dijalankan. Namun, tentu saja Anda tidak dapat sembarangan dalam membangun kedai ini, di mana Anda harus memahami prospek apa saja yang dapat diperoleh dari kedai kopi ini. 

kedai kopi

Prospek Usaha Kedai Kopi 

Sudah belakangan ini, kedai kopi menjadi salah satu usaha yang memang sangat menjanjikan. Apalagi ada beberapa prospek yang memang terbuka sangat luas. Berikut ini adalah beberapa prospek dari usaha membuka kedai kopi: 

  • Kebiasaan nongkrong 

Sudah tidak dapat disangkal lagi, bahwa pada saat ini sendiri kebiasaan nongkrong yang sering dilakukan masyarakat untuk menghabiskan waktu dapat menjadi prospek luar biasa. Tentu saja Anda perlu sekali untuk bisa memanfaatkan kebiasaan yang satu ini. Masyarakat sendiri sekarang lebih memilih tempat yang nyaman untuk menikmati waktu luang bersama dengan orang terdekat. 

Bahkan pada saat ini sendiri banyak karyawan atau orang yang bekerja di kedai kopi dengan lebih santai. Banyak sekali masyarakat merasakan manfaat melakukan pekerjaan di kedai kopi karena lebih rileks dan juga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik lagi. 

  • Daya beli konsumen semakin meningkat 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini sendiri daya beli masyarakat meningkat. Banyak sekali yang sudah masuk dalam golongan menengah, di mana selain itu juga RTD atau harga jual kopi di beberapa kedai terbilang murah. Dengan adanya hal ini tentu saja menjadi salah satu prospek besar yang dapat Anda gunakan untuk memulai usaha kedai kopi. 

  • Media social 

Prospek yang jelas dapat Anda dapatkan adalah dari media social. Seperti yang sudah diketahui bahwa media sosial pada saat ini menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat membantu sekali. Terlebih lagi jika Anda dapat memanfaatkan kemampuan media social untuk menyebarluaskan kedai kopi yang Anda miliki. 

  • Platform ride hailing 

Jika membahas ride hailing maka sudah pasti tertuju pada transportasi online seperti Gojek dan Grab. Platform tersebut sendiri membuka kerja sama untuk restoran dan kedai, di mana para driver dapat mengantarkan segala jenis produk langsung ke konsumen. Tentu aja kelebihannya adalah para konsumen tidak perlu mengantri dan juga pemasaran dapat lebih luas lagi. 

  • Ketersediaan bahan baku 

Prospek lain yang dapat Anda dapatkan adalah dari segi bahan baku, di mana dalam hal ini sendiri adalah kopi. Sudah sangat terkenal sekali apabila Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar yang mana konsumsi terbesar merupakan masyarakat lokal. Dengan adanya produksi kopi yang luar biasa ini tentu saja Anda tidak perlu pusing akan kesusahan mendapatkan bahan baku. 

Tidak hanya itu saja, mesin dan juga alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kedai kopi pun terbilang tidak susah untuk diperoleh. Bahkan enterries barriers untuk usaha jenis ini juga terbilang rendah. Hal tersebut bisa menjadi prospek besar yang perlu sekali dimanfaatkan agar Anda dapat membuka usaha yang berpeluang besar. 

Strategi Marketing Untuk Kedai Kopi Pada Masa Pandemi 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pada masa pandemic ini, Anda harus terus mencari strategi marketing yang tepat agar kedai kopi tetap dapat berjalan dengan lancar. Karena pambatasan yang diberlakukan, tentu saja akan sangat sulit sekali untuk membuat konsumen datang. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan kedai kopi pada masa pandemic: 

  • Berinovasi 

Untuk saat ini sendiri Anda tidak bisa hanya mengandalkan kopi saja menjadi menu utama. Anda harus dapat berinovasi dengan selalu menciptakan berbagai jenis minuman kopi dengan rasa yang enak dan juga menarik konsumen. Anda dapat mencoba beberapa resep yang saat ini memang sedang trend dikalangan masyarakat. 

  • Maksimalkan media social 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa media sosial merupakan prospek paling besar yang dapat Anda gunakan semaksimal mungkin. Buatlah sebuah media sosial yang khusus untuk memasarkan kedai kopi Anda. Perkenalkan kedai kopi dengan berbagai postingan menarik dan juga foto yang cantik. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memanfaatkan ads pada media sosial untuk pemasaran yang lebih luas lagi. 

  • Promo 

Tidak ada salahnya Anda memberikan beberapa promo menarik yang tentu saja akan membuat banyak konsumen tertarik. Ada banyak sekali promo yang bisa Anda berikan, seperti buy 1 get 1, promo diskon dengan bekerja sama dengan ride hailing hingga event-event tertentu. Dengan cara ini maka sudah pasti konsumen akan bertambah walau dalam masa pandemic. 

Sedikit penjelasan di atas sudah dapat terlihat bahwa dalam situasi pandemic seperti ini, Anda masih bisa terus bekerja dan berinovasi agar dapat bertahan hidup. 

Tagged : / /